• Urgensi Sertifikasi Digital Marketing Bagi Pelaku Digital Marketing

    sertifikasi digital marketing

    Tidak ada yang salah bila kemudian ada yang mengatakan bahwa ijazah adalah bukti seseorang telah menempuh suatu pendidikan atau pelatihan. Namun perlu juga digaris bawahi bahwa mereka yang lulus dengan nilai tertentu adalah parameter seberapa besar keseriusan dalam proses belajar.

    Dan hal ini saya rasakan betul. Dulu ketika masih aktif bekerja sebagai seorang karyawan saya adalah orang yang paling enggan atau suka mengatakan tidak bila harus ikut sertifikasi. Hemat saya dulu toh pembuktian bisa dilakukan secara langsung dan orang akan langsung tahu mana yang kompeten dan mana yang tidak.

    Namun kini anggapan saya tersebut ternyata salah besar. Dimana seseorang bukan hanya harus belajar tapi juga harus diuji untuk membuktikan kesahihan ilmu atau pengetahuan yang didapat.

    Dengan cara ini setidaknya ada parameter yang jelas sekaligus pembeda satu dengan yang lain. Cara ini sekaligus bisa menjadi leveling apakah seseorang masih di kategori pemula, menengah atau mahir.

    Sertifikasi Digital Marketing

    Dalam ruang lingkung kerja saat ini sertifikasi digital marketing bagi saya telah menjadi sebuah kebutuhan wajib. Dimana dengan lembar ini bisa menyakinkan klien bahwa saya telah lulus uji kompetensi.

    Kalau ada yang mengatakan sertifikasi tidak menjamin kompetensi maka wajib ditanyakan pula. Bila sertifikasi saja tidak menjamin apalagi mereka yang tidak melalui tahapan ini.

    Setelah sekian lama mencari celah saya pun akhirnya bisa menemukan  kesempatan untuk ikut sertifikasi digital marketing yang diselenggarakan kemenperin. Letaknya lumayan jauh karena berada di Bogor sementara saya tinggal di Jogja.

    Namun karena ini telah menjadi sebuah kebutuhan maka mau tidak mau tentu saja saya harus memperjuangkannya.

    Berbagai prasyarat harus dipenuhi dan setelah itu tentu saja mengikuti pelatihan dan tes praktik. Kegiatan akhir dari program ini tentu saja sertifikasi secara offline di Bogor pada akhir Maret 2024.

    Uji kompetensi ini akan dilakukan di luar kota pas bulan puasa. Kalau tidak memiliki minat dan niat kuat bisa jadi akan ditunda nanti dan nanti.

    Hampir bisa dipastikan di Bogor belum tahu akan tinggal dimana dan makan apa untuk sahur dan buka. Akan tetapi sekali lagi mengingat urgensi sertifikasi digital marketing maka sebisa mungkin harus bisa mendapatkannya segera.

    Sertifikasi digital marketing saya anggap sebagai bagian dari investasi untuk bisa tumbuh dan berkembang. Yakin usai kegiatan ini akan ada banyak manfaat, terutama bagi saya yang selama ini bekerja dna berkecimpung dengan dunia digital.

    Sampai bertemu di Bogor Al Hikmah Akademi dan terima kasih untuk Kemenperin untuk dukungannya.

  • Temukan Catatan Inspiratif Hari ini

    Saya menulis maka saya ada.

    ALAMAT

    Jalan Godean KM 7.5, Sleman, Yogyakarta

    EMAIL

    jokoyugiyanto@yahoo.com

    TELEPHONE

    +6287838889019